RSS
Galeri

Orientasi&Bimbingan Kepengurusan ISMI 11-12

06 Apr

“Menjadi pengurus di pondok pesantren ini bukan untuk menjadi PENGUASA tetapi belajar MEMIMPIN dan belajar MENGURUS” Drs. KH. Ahmad Syahiduddin

Menjadi pengurus adalah sebuah amanat yang besar di pondok pesantren ini. Pengurus diberi amanat untuk mengurus seluruh santri di pondok ini beserta lingkungan yang ditempati mereka, bukanlah menjadi seorang yang hanya bisa menyuruh tetapi dia sendiri tak melakukannya “ta’mur wa laa t’amal”. Dan dalam kepengurusan, seorang pengurus harus dapat bersabar dalam menjalankan tugasnya karena mengurus bukanlah hal yang mudah dan pastinya akan banyak halang rintangan yang akan dihadapinya.

Jum’at,1 april 2012,Seluruh pengurus kelas 5 angkatan ke 5 program Excellent  Class (ECP) mengikuti kegiatan “ORIENTASI DAN BIMBINGAN KEPENGURUSAN ISMI PUTRA DAN PUTRI MASA BAKTI 2011-2012” kegiatan ini bertema kepengurusan bukanlah kekuasaan tapi kepengurusan adalah pembelajaran. Kegiatan ini dibuka sendiri oleh pemimpin pesantren Daar el Qolam II Al-Ustad Odhy Rosihuddin, tak hanya membuka beliau juga memberikan materi tentang kepondokan.

Materi ini sengaja diberikan kepada seluruh peserta kegiatan bertujuan untuk memupuk rasa kepemilikan dan rasa loyalitas dalam kepengurusan, bukan hanya pemimpin pesantren yang menjadi pemateri, pada acara ini terdapat 4 pemateri yang terbagi menjadi 8 sesi pertemuan. Acara ini berlangsung selama 2 hari dari hari Jum’at 1 april 2011 sampai hari Sabtu 2 april 2011. Pada hari jum’at pemateri sendiri berasal dari kalangan dalam pesantren yaitu Al-ustad H. Chamdan Widadi dan Al-Ustad Indrajaya.

Lalu pada hari sabtu diisi oleh Al-Ustad Tabah Rosyadi dan Al-Ustad Ubaidillah Asanawi, kali ini peserta diberikan pengarahan tentang kepengurusan seperti PROBLEM SOLVING & DECISION MAKING, pada sesi ini peserta diajak untuk berpikir bagaimana memecahakan sebuah masalah yang sering terjadi di kepengurusan dengan menganalisa masalah tersebut, mengidentifikasikannya lalu menemukan sesuatu yang menyebabkannya secara aktual, setelah para peserta mengikuti sesi ini mereka menyadari bahwa  problem exist when someone or something is not performing as expcted and identification of the cause of a problem is the key to problem solving,kemudian para peserta beranjak pada sesi selanjutnya, namun pada sesi ini peserta dihujani beragam aktifitas serta kerja kelompok dengan pemateri Al- Ustad Ubaidillah Asnawi, beliau merupakan alumni pondok pesantren Daar el-Qolam, beliau mengajarkan pada seluruh peserta bagaimanamembuat job description, tugas pokok pengurus ismi, sikap dasar seorang pengurus, kultur sekolah RSBI di Daar el-Qolam serta kesadaran bertanggung jawab. Lalu acara di dilanjutkan pada malam hari sekaligus penutup, pada kal ini Al-Ustad Indrajaya memberikan beberapa jumble words, yang merupakan perkataan Al-Ustad KH. Ahmad Syahidudin


View more Photos

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: